Delleng Simpon Destinasi Wisata Menarik Dari Pakpak Bharat

<yoastmark class=

Delleng yang dalam bahasa Pakpak merupakan sebuah Gungung. Delleng Simpon merupakan puncak gunung tertinggi yang ada di wilayah Kabupaten Pakpak Bharat. Yang berada di desan Ulumerah Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu dengan jarak Kurang Lebih 19 km dari kota salak dan 10 km dari desa Ulumerah.

Baca Juga : 5 Wisata Terbaik Di Danau Toba Yang Patut Kamu Kunjungin

Lokasi Delleng Simpon

Delleng simpon berada di sebelah Selatan yang merupakan perbatasan antara Kabupaten Pakpak Bharat dengn Kabupaten Humbang Hasundutan. Delleng ini memiliki daya tarik wisatawan yang sangat indah. Tempat ini sudah menjadi objek wisata bagi masyarakat setempat dan masyarakat dari luar daerah.

Dari atas puncak kita bisa menyaksikan matahari terbit, memandang hamparan alam yang sangat-sangat indah. Dari atas puncak ini akan terlihat wilayah, laut singkil, humbang hasundutan, dairi, bahkan wilayah Kabupaten Samosir.

Potensi objek wisata selain dari pada menyaksikan keindahan alam dari ketinggian lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut, juga ada satu objek yang menarik yaitu mata air Berru Tiambunen ( Elluh Berru Timambunen ) yang tidak pernah kering sampai saat ini walaupun dalam keadaan musim kemarau.

Konon ceritanya mata air itu berasal dariĀ  seorang wanita Berru Tinambunan yang menangis karena tidak ingin di nikahkan dan akhirnya melarilan diri ke tempat tersebut. Tangsisan yang tiada henti lama-kelamaan menjadi mata air yang di beri nama Elluh Berru Tinambunan.

Bagi orang yang berkunjung ke sana juga sangat di sarankan untuk mencuci muka pada mata air tersebut
sebagai tanda dari penghargaan akan adat-istiadat di lokasi tersebut.

Masalah Jalan Menuju Delleng Simpon

Pada kaki Delleng terdapat tapal perbatasan antara Kabupaten Pakpakbharat. Hingga saat ini masih ada masalah perbedaan yang sangat kontras pada kualitas infrastruktur jalan di perbatasan antara kedua kabupaten.

Pada ruas menuju Pakpak Bharat ruas jalan sangat mulus dan lebar sementar untuk jalan menuju ke Kabupaten Humbang Hasundutan masih kurang perbaikan sehingga ukurannya hanya bisa di lewati satu mobil saja.

Lihat Juga : Paruhum Siregar Sang Petinju Legendaris Dari Sibolga